Beranda»Ekonomi»Proyek miliaran di Sabang gunakan batang kelapa

Proyek miliaran di Sabang gunakan batang kelapa

BISNIS ACEH
Jum`at, 30 November 2012 10:13 WIB

IlustrasiFOTO : medanbisnisdailyIlustrasi

SABANG - Proyek revitalisasi kawasan Sabang Fair yang didanai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Badan Pengusaha Kawasan Sabang (BPKS), sangat tidak berkualitas bahkan terkesan asal-asalan. Paket pekerjaan berbiaya Rp 3 miliar itu menggunakan material kayu dari batang kelapa.

Pihak rekanan, Samsul yang dikonfirmasi terkait hal ini mengaku material kayu yang digunakan sudah sesuai dokumen kontrak antara pihaknya dengan BPKS. "Itu sudah benar, pertimbangan Penggunaan kayu kelapa, katanya lagi, sudah mendapat persetujuan pihak pemberi pekerjaan yakni BPKS. Dengan pertimbangan kayu kelapa memiliki umur yang panjang sehingga tahan digunakan untuk daerah pinggir laut.

Dia juga menjelaskan, kayu kelapa sudah dilegalkan untuk digunakan sebagai bahan bangunan standar, sebab sudah masuk dalam kategori kayu berkelas. Sudah ada legalisasi kayu kelapa masuk dalam kategori golongan kayu kelas satu.

"Jadi speknya kayu kelas dua, sementara kayu kelapa masuk dalam spek karena kategori kelas satu," katanya, sembari mengaku akan menunjukan dokumen yang menyatakan kayu kelapa masuk dalam kategori kelas satu.

Menurut Samsul lagi, pondok-pondok wisata yang dibangun di sana dalam perencanaannya juga menggunakan atap seng, namun karena tidak cocok untuk daerah pinggir laut diganti dengan atap genteng.

Sementara pihak BPKS, T Harri Kurniasyah yang dihubungi mengaku kayu yang digunakan untuk pekerjaan revitalisasi kawasan Sabang Fair itu menggunakan kayu kelas dua.

Tapi soal penggunaan kayu kelapa, dia mengaku tidak tahu. Namun selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) paket pekerjaan tersebut, dia meminta rekanan yang melaksanakan pekerjaan tetap menggunakan kayu kelas dua. "Terserah kayunya apa, tapi harus masuk dalam spek kayu kelas dua," tegasnya.

 

Sumber : Medanbisnis



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close