Beranda»Ekonomi»RUU redominasi rupiah tahun depan mulai dibahas di DPR

RUU redominasi rupiah tahun depan mulai dibahas di DPR

BISNIS ACEH
Kamis, 22 November 2012 08:37 WIB

 

RupiahFOTO : istRupiah

JAKARTA - Usulan pemangkasan angka nol pada rupiah tanpa mengubah nilai tukarnya (redenominasi)  dimasukkan dalam program legislasi nasional  (Prolegnas 2013) untuk dijadikan Rancangan Undang-Undang.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia Perry Warjiyo. Menurutnya, langkah selanjutnya yang akan dilakukan dalam usulan ini adalah sosialisasi untuk memenuhi aspek legalitasnya.

“Kabar terakhir sudah masuk ke Prolegnas 2013. Langkah selanjutnya adalah sosialisasi dan edukasi, serta penjelasan kepada publik mengenai redenominasi,” katanya seusai seminar 'Investasi 2013, Menghadapi Ancaman Overheating Economy di Jakarta, Rabu (21/11).

Dia mengungkapkan pemerintah bersama BI akan membentuk komite yang akan melakukan sosialisasi redenominasi agar bisa ditangani dengan baik. “Program ini adalah program nasional, karenanya akan ditangani oleh komite nasional,” ujarnya.

Pembahasan mengenai redenominasi menurutnya telah dilakukan sejak lama dengan melakukan studi ke berbagai negara dan membuat naskah akademiknya. Bahkan, saat ini telah ada program dan langkah yang disusun untuk mengedukasi masyarakat terkait hal itu.

Secara terpisah, Menteri Keuangan Agus D.W Martowardojo mengatakan telah ada inisiatif dan koordinasi yang telah dilakukan untuk memuluskan usulan redenominasi itu. Namun, masih perlu dilakukan konsultasi publik agar publik mengetahui tujuan dari redenominasi.

Dalam beberapa minggu kedepan pihaknya juga akan melakukan pembahasan publik dengan mengundang para akademisi. “Kita harap DPR bisa sepakat untuk membahas RUU [redenominasi] ini nantinya.”


Sumber : bisnis



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close