Beranda»Berita Utama»Aceh pintu masuk perdagangan senjata di Indonesia?

Aceh pintu masuk perdagangan senjata di Indonesia?

H SAKY ~ BISNIS ACEH
Kamis, 18 Oktober 2012 20:29 WIB

 

Ilustrasi senjata ilegalFOTO : ISTIMEWAIlustrasi senjata ilegal

BANDA ACEH - Kapolda Aceh Irjen Polisi Iskandar Hasan mengatakan bahwa ada indikasi wilayah Aceh terjadi transaksi perdagangan dan penyelundupan senjata untuk dipergunakan di Aceh, Medan, dan tempat-tempat lain di Indonesia.

"Kami melihat ada indikasi dan sinyalemen kearah sana, bahwa ada penyeludupan dan perdangan senjata melalui perairan Aceh, namun kita belum dapat pastikan secara kongkrit hal itu lewat mana," katanya kepada Bisnis Aceh, hari ini di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa jika pada masa konflik perdagangan senjata melalui perairan Aceh digunakan untuk perjuangan, namun saat ini jalur perdagangan tersebut masih aktif, namun senjata dipergunakan untuk merampok, jual beli bahkan disewakan.

"Aceh menjadi pintu masih perdagangan senjata, dan senjata-senjata tersebut didistribusikan ke Medan, dan wilayah-wilayah lain di Indonesia," ujarnya

Menurut Kapolda jalur klasik perdagangan senjata ke Aceh melalui Thailand selatan, dan perdagangan senjata ini biasanya juga bersamaan dengan transaksi narkoba.

"Sinyalemen ini ada, namun kita belum bisa memastikan jalur perdagangannya," tukasnya.

Oleh karena itu, tambah Kapolda, saat ini pihaknya bersama dengan Kodam Iskandar Muda akan terus mengintensifkan dan memantau jalur perdagangan sejata yang dicurigai.

"Terus kita pantau dan monitor," tegasnya.

Sementara itu, Pengamat Politik dan Keamanan Aceh, Aryos Nivada mengatakan indikasi maraknya peredaran dan penyeludupan senjata ke Aceh terlihat dari maraknya aktivitas dan kriminalitas bersenjata.

"Aksi-aksi perampokan di Aceh selama ini selalu menggunakan jenis senjata api standar dan bukan rakitan, jadi jelas ini suatu indikator adanya perdagangan senjata," tandasnya.



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close