Beranda»Berita Utama»Capaian MDGs Banda Aceh terbaik di Aceh (Bagian I)

Capaian MDGs Banda Aceh terbaik di Aceh (Bagian I)

H SAKY ~ BISNIS ACEH
Kamis, 18 Oktober 2012 16:32 WIB

Ilustrasi program MDGsFOTO : ISTIMEWAIlustrasi program MDGs

BANDA ACEH - Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Banda Aceh, Sukri mengatakan bahwa Banda Aceh merupakan satu-satunya daerah di Aceh yang pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) lebih baik dibandingkan dengan kabupaten/kota di Aceh.

"Kita paling baik dan capaian MDGs di Banda Aceh, baik MDG 1 hingga MDG 8, rata-rata sudah diatas 75 persen pada tahun 2012," katanya kepada Bisnis Aceh hari ini, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa, jika diliat satu persatu capaian MDGs Kota Banda Aceh, maka terlihat bahwa indikator pencapaian yang sudah ditargetkan oleh Pemko sudah sangat baik.

"Contohnya capaian MDG 1, tentang penanggulangan kemiskinan dan kelaparan, saat ini tingkat kemiskinan di Banda Aceh, jauh lebih kecil dibandingkan dengan yang lain, tahun depan target angka kemiskinan kita 8,58 persen, artinya jauh diatas kemiskinan nasional," ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk tahun 2015 berakhirnya program MGDs secara nasional, tingkat kemiskinan di Banda Aceh sudah akan kita turunkan hingga 6,57 persen.

"2015 target angka kemiskinan hingga 6,57 persen," sebutnya.

Sementara itu, dari capaian MDG 2, yakni mencapai pendidikan dasar untuk semua, capaian Banda Aceh sudah diatas 100 persen.

"Kalau pendidikan dasar kita sudah mencapai 100 persen, hal ini terlihat dari Angka Partisipasi Kasar (APK) tingkat SD/MI 136 persen, Angka Partisipasi Kasar tingkat SMP/MTSN capai 117 persen," tukasnya.

Kalau target MDS 3, tentang kesetaraan jender dan perempuan kita sudah jauh lebih baik.

"perbandingan usia sekolah di Banda Aceh, mencapai 48,33 : 51,67 persen, ini berarti sudah ada persamaan hak antara laki-laki dan perempuan dalam akses pendidikan," tukasnya.

Selain itu juga, tambahnya, jika bicara partisipasi perempuan di eksekutif, saat ini jumlah PNS di Aceh 65 persen adalah perempuan.

Sementara itu, target MDG 4, yakni menurunkan angka kematian bayi, Banda Aceh sudah lebih baik, hal ini dikarenakan semua persalinan di ibu dan balita di Aceh pasti mendapatkan fasilitas dari tenaga medis.

"Angka kematian balita kita pada 2011 hanya 4 kejadian, dan harapan kita hingga 2017 kita dapat mencapai zero accident, atau tidak ada kematian bayi dalam proses persalinan," tandasnya..........(bersambung)



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close