Beranda»Berita Utama»Dari alam siswa Aceh belajar mitigasi bencana

Dari alam siswa Aceh belajar mitigasi bencana

H SAKY ~ BISNIS ACEH
Minggu, 30 Desember 2012 19:26 WIB

Siswa Aceh Besar belajar dari AlamFOTO : ist/bisnisaceh.comSiswa Aceh Besar belajar dari Alam

BANDA ACEH - Tsunami dan Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Unsyiah menyelenggarakan kampanye kesiapsiagaan bencana bagi siswa. Kegiatan yang diselenggarakan 29-31 Desember 2012 dipusatkan di Neuhen, Aceh Besar. Aktivitas ini dimaksudkan untuk memperkuat pendidikan kesiapsiagaan, dan kapasitas mereka mengenai mitigasi bencana.

Direktur TDMRC Unsyiah, M Dirhamsyah mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran siswa dan mewujudkan sekolah siaga bencana.

"Kegiatan seperti ini perlu melibatkan banyak pihak, baik pemerintah, masyarakat, dan sekolah," katanya hari ini di Banda Aceh, Minggu.

Menurutnya, kemitraan mewujudkan sekolah siaga bencana juga harus disertai dengan partisipasi aktif siswa itu sendiri, karena selama ini pengetahuan siswa akan bencana masih sangat minim.

"Kita dapat melihat bagaimana pada gempa kuat pada tanggal 11 April 2012 yang silam, seperti apa kacau balaunya manajemen bencana disekolah," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Advokasi pendidikan dan Pelatihan TDMRC Unsyiah, Muklis A Hamid menjelaskan, kegiatan ini merupakan aktivitas belajar bersama, serta bertukar informasi.

"Dalam kegiatan ini siswa diajarkan mengenai identifikasi masalah, merancang dan membuat kesepakatan serta solusi melalui kegiatan dialam terbuka," paparnya.


Selain itu juga, tambahnya, kegiatan kunjungan dilakukan ke Benteng Indra Patra, Bukit Soeharto, Ie Suum Krueng Raya dan Perumahan Tiongkok, siswa mencoba mengali sejarah situs, pembangunan, nilai sosial budaya,  mitos atau cerita dari masyarakat, termasuk upaya pelestariannya dari masyarakat sekitar.

"Kita ingin siswa belajar dari alam dalam menghadapi bencana," pugnkasnya.


Hal senada disampaikan oleh Muhammad Ahlul (15 ), Siswa Kelas 2 SMPN 2 Peukan Bada, menambahkan, banyak yang didapat dari acara ini. ilmu pengetahuan sosial, alam dan potensi termasuk proses terjadinya gunung api, bisa mengenal tempat, situs sejarah yang di sekitar sini. Bisa dipelajari di sekolah, dapat dikembangkan dari apa yang diberikan, harapnya

Rayyan Amalia (13), SMPN 5 Banda Aceh kegiatan ini seru, bisa belajar bersama sambil bermain, melihat situs sejarah Aceh yang hancur dan rusak, siswa yang punya hobi menari ini berharap  bisa berbagi dengan teman-teman lain disekolah nantinya.



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close