Beranda»Berita Utama»SDA Aceh, asing incar tambang dan lokal incar hutan

SDA Aceh, asing incar tambang dan lokal incar hutan

UTAMA~BISNIS ACEH
Rabu, 20 Februari 2013 16:50 WIB

Ilustrasi pertambanganFOTO : ISTIMEWAIlustrasi pertambangan

BANDA ACEH - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat, Chatib Basri dalam paparannya mengenai Perspektif Ekonomi Indonesia dan Pengembangan Investasi di Aceh, hari ini (20/02/2013) di Banda Aceh, mengatakan bahwa sektor primer di Aceh masih jadi incaran investor.

"Realisasi investasi di Aceh pada tahun 2012 dari Penanaman Modal Asing (PMA) yang mencapai USD172,3 juta dengan total proyek sebanyak 26 paket dan realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp60,2 miliar dengan proyek sebanyak 11 paket masih didominasi sektor primer," katanya.

"Dari 16 proyek investasi PMDN yang ada, sebanyak 8 proyek disektor primer dimana sub sektor kehutanan terdapat 6 proyek dan 2 lagi di sub sektor perkebunan," jelasnya.

"Adapun untuk sektor sekunder hanya terdapat 2 proyek (industri kayu dan industri makanan) dan sektor tersier hanya ada 1 proyek (jasa lainnya)," terangnya.

Sementara itu, dari 26 proyek PMA yang ada di Aceh terdapat 16 proyek di sektor primer.

"Pada sektor primer, sub sektor pertambangan menjadi incaran investor asing yaitu dengan jumlah proyek sebanyak 13," katanya.

"Untuk sub sektor kehutanan, perikanan dan tanaman pangan masing-masing terdapat 1 proyek," jelasnya.

"Adapaun untuk sektor sekunder terdapat 3 proyek yaitu di sub sektor industri kimia dan farmasi, industri mineral non logam dan industri lainnya," terangnya.

"Sedangkan sektor tersier terdapat 7 proyek dimana sub sektor listrik,gas dan air terdapat 4 proyek, sub sektor perdagangan terdapat 2 proyek dan sub sektor jasa lainnya 1 proyek," urainya.

Masih tingginya minat investor akan sumber daya alam di Aceh, di satu sisi memberikan keuntungan komparatif yang dapat memberikan pemasukan bagi Aceh tetapi di sisi lain akan mengancam kelestarian alam jika tidak dikelola dengan bijak.

Diperlukan upaya yang besar terutama oleh Pemerintah Aceh agar investor yang akan masuk tidak hanya mengejar potensi SDA tetapi juga menanamkan modalnya di sektor sekunder dan tersier.



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close