Beranda»Pendidikan»344 sekolah rusak akibat gempa Aceh

344 sekolah rusak akibat gempa Aceh

BISNIS ACEH
Minggu, 07 Juli 2013 21:44 WIB

BANDA ACEH - Gempa yang mengguncang dataran tinggi "Tanah Gayo" mengakibatkan sedikitnya 344 unit sekolah di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, Provinsi Aceh rusak.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Anas M Adam yang dihubungi dari Banda Aceh, Minggu menyebutkan jumlah sekolah yang rusak akibat gempa itu juga telah dilaporkan ke Kementerian Pendidikan Nasional.

Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter menguncang dataran tinggi "Tanah Gayo" pukul 14.37 WIB, Selasa (2/7) dan mengakibatkan puluhan korban meninggal dunia dan lebih 200 cidera berat dan ringan.

Anas menjelaskan, ratusan sekolah yang rusak akibat bencana alam itu semua jenjang pendidikan  mulai dari Taman Kanak-kanak (TK/PAUD), SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA.

Ia merinci jumlah TK/PAUD yang rusak sebanyak 148 unit, SD/MI tercatat 143 unit, SMP/MTS 43 unit, dan SMA/MA sebanyak 20 unit.

Anas juga menjelaskan bahwa kerusakan ruang kelas khusus di Aceh Tengah yang telah terdata hingga Sabtu (6/7) sebanyak 1.277 ruang namun itu tidak termasuk ruang perpustakaan, laboratorium, dan kantor.

Untuk ruang TK/RA di Kabupaten  Aceh Tengah yang rusak berat akibat gempa itu sebanyak 83 ruang, dan rusak sedang 31 ruang, SD rusak berat 446 ruang, rusak sedang 127 ruang dan rusak ringan dua ruang.

Sementara ruang kelas jenjang pendidikan SMP/MTS rusak berat 137 ruang, rusak sedang 38 dan rusak ringan enam ruang. Untuk ruang kelas SMA/MA yang rusak berat 49 ruang, rusak sedang 38 unit dan rusak ringan satu ruang.

Anas M Adam juga menjelaskan untuk sementara memang tidak ada kegiatan belajar dan mengajar dikarenakan siswa memasuki musim liburan. Namun, untuk kegiatan belajar sementara akan dilakukan di bawah tenda. | antaraaceh.com



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda

Terbaru di Pendidikan

Close