Beranda»Pendidikan»Pemerintah Aceh alokasikan Rp76 miliar untuk beasiswa

Pemerintah Aceh alokasikan Rp76 miliar untuk beasiswa

BISNIS ACEH
Kamis, 23 Mei 2013 23:52 WIB

Kantor Gubernur AcehFOTO : istKantor Gubernur Aceh

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh pada 2013 mengalokasikan dana senilai Rp76 miliar untuk program pengembangan sumber daya manusia (SDM), berupa pemberian beasiswa bagi putra daerah dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Koordinator Lembaga Peningkatan SDM Bukhari Daud di Banda Aceh, Kamis mengatakan, Pemerintah Aceh dibawah pimpinan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf berkomitmen mengembangan dan meningkatkan SDM putra-putri di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Ia menyatakan, lembaga yang dipimpinnya itu mendukung tugas-tugas Pemerintah Aceh dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan SDM, di luar tugas Dinas Pendidikan Aceh.

"Kalau tugas Dinas Pendidikan Aceh menitik beratkan pada peningkatan kualitas pendidikan dari tingkat SD hingga SMA," kata Bukhari Daud yang juga mantan Bupati Aceh Besar periode 2007-2012.

Disebutkan, beasiswa untuk program S-2 dan S-3 yang disediakan Pemerintah Aceh itu termasuk kuliah ke sejumlah universitas ternama di luar negeri, selain dalam negeri.

Bukhari menjelaskan, untuk program kuliah universitas luar negeri seperti di Malaysia, Inggris, Australia, Amerika Serikat, Jerman, Taiwan dan negara kawasan Timur Tengah.

Dipihak lain, ia mengatakan, program bantuan beasiswa Pemerintah Aceh pada 2014 akan dilaksanakan dengan payung hukum Qanun Nomor 7/2012 tentang dana abadi Aceh untuk penguatan SDM.

"Artinya, jika selama ini pemberian bantuan beasiswa melalui peraturan gubernur maka kedepan dilaksanakan berdasarkan qanun. Jadi siapapun yang menjadi gubernur Aceh maka program beasiswa itu tetap berjalan," kata Bukhari Daud.

Terkait dengan kelembagaan, ia menjelaskan juga berubah yakni tidak lagi LPSDM namun Badan pelaksana dana abadi pengembangan SDM (Bapelda Pasda).

"Dengan perubahan dari LPSDM menjadi Bapelda Pasda) maka tugasnya juga akan bertambah atau tidak hanya tertumpu pada pemberian beasiswa, tapi ditambah dengan beberapa divisi," kata dia menjelaskan.

Devisi yang akan dibentuk seperti devisi beasiswa, bantuan pendidikan, riset, pemberian penghargaan kepada individu atau lembaga yang berprestasi bidang pendidikan serta devisi dana pendamping. | antaraaceh.com



Redaksi:
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Marketing (0823 6230 8352)


Komentar Anda
Close